Suka Kuliner, Coba Makanan Khas Pekanbaru [Paling Nikmat]

makanan khas pekanbaru

Buat anda yang sedang wisata di pekanbaru, dan sangat menyukai kuliner maka tentunya makanan khas pekanbaru wajib sekali untuk kamu nikmati. Karena selain dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa, kota pekan baru ternyata punya beragam jenis kuliner khas yang sangat beragam mulai dari roti jala hingga mie lendir.

Baca Juga: Makanan Khas Lebaran Dari Beras Serta Peluang Usaha

1. Roti Jala

Dikenal sebagai salah satu makanan khas kota pekanbaru paling terkenal yakni roti jala, pada dasarnya roti ini berasal dari melayu sumatera. Namun ada beberapa orang berpendapat juga bahwa hidangan ini berasal dari india. Karena penyajian roti ini dihidangkan bersama kuah dari melayu yang pastinya rasanya sangat nikmat.

2. Roti Canai (Cane)

Roti canai atau cane merupakan makanan khas pekanbaru yang wajib anda coba karena cocok dan pas untuk dijadikan cemilan pendamping saat minum teh saat santai. Roti ini memiliki banyak persamaan dengan roti praha yang ada di india dan singapura. Perbedaan roti ini dengan roti singapura/india ini adalah rasa dan cara santapan.

3. Cencaluk

Cencaluk merupakan makanan tradisional melayu yang biasa dihidangkan atau disajikan saat acara tertentu di pekanbaru. Makanan yang terbuat dari udang yang dihaluskan terlebih dahulu dikenal memiliki protein yang sangat tinggi dan sering disajikan sebagai lauk.

4. Lempok Durian

Kalau lempok durian mungkin beberapa orang sudah pernah mengenal makanan khas ini, makan yang bentuknya hampir mirip dengan dodol ini telah menjadi salah satu makanan favorit di Riau. Asal usul makanan khas ini ternyata berasal dari salah satu kabupaten di Riau yaitu Kabupaten Bengkalis.

Buat anda para wisatawan yang berkunjung, empok durian ini sangat direkomendasikan sekali jadi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena selain murah dan tahan lama, makanan ini juga sangat cocok buat anda yang tidak mau ribet untuk membawa oleh-oleh.

5. Es Laksana Mengamuk

Minuman khas satu ini terasa sangat unik, namun bukan berarti makanan khas pekanbaru satu ini bakalan mengamuk yah teman-teman. Karena isi dalam minuman ini adalah buah kuini yang memang memiliki rasa segar dan manis apalagi ketika dicampur dengan es. Bisa dibayangkan betapa nikmatnya jika anda meminumnya di siang hari.

6. Mie Sagu

Wisatawan sangat kami rekomendasikan sekali makanan khas satu ini, karena kuliner satu ini merupakan makanan favorit dan populer di kalangan masyarakat selat panjang  yang berada di kabupaten Meranti, Provinsi Riau tepatnya di berada di area pulau tebing tinggi. Ingat jika anda mengunjungi Riau jangan lupa untuk menikmati kuliner khas satu ini.

7. Ikan Salai

Mungkin terdengar tidak asing, namun makanan yang berasal dari olahan ikan ini sangat populer dari kabupaten pelalawan yang terletak di sepanjang sungai-sungai besar yang berada pada provinsi Riau. Makanan khas pekanbaru dengan olahan ikan ini menggunakan ikan segar dan masih basah oleh air laut. Lalu ikan segar ini dikeringkan dengan cara di asap.

Selain bisa anda buat dengan ikan segar, cara penyajian dari ikan salai juga sangat unik, dan tentunya rasanya pun membuat nafsu makan anda bertambah.

8. Sop Tunjang

Sop tunjang juga masuk dalam makanan paling populer di Riau, dimana makanan satu ini menggunakan tulang kaki sapi yang masih berbalut dengan daging. Tulang-tulang tadi direndam dalam kuah berwarna bening kekuningan dengan bahan pelengkap seperti irisan wortel, kentang, tomat dan daun bawang.

Rasa sup kuah tunjang juga sangat gurih dan kuat karena menggunakan rempah-rempat seperti bawang putih, bawang merah, kayu manis, cengkeh dan jahe. Saat di sajikan biasanya diberikan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari tulangnya. Gimana menurtmu kawan, apakah anda tertarik? Patut untuk anda coba.

9. Bacah Daging

Salah satu ikon kuliner khas kuliner pekan baru lainnya adalah bacah daging, makanan ini kurang lebih hampir sama dengan dendeng batokok atau rendang dari tanah minang.

Makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu daging sapi, yang membuatnya beda ada pada cara penyajian dan keberadaanya pun tidak musiman. Sedangkan bacah daging disajikan bersama ketupat lebih utama muncul saat hari raya idul fitri.

10. Gulai Siput

Bosan dengan olahan ikan atau daging? Maka anda bisa mencoba olahan khas pekanbaru satu ini yang bernama gulai siput. Sesuai dengan namanya bahan utama dalam makanan ini menggunakan gulai siput yang dimasak dengan bumbu rempat khas melayu.

11. Mie Lendir

Terakhir makanan khas pekanbaru dengan nama unik adalah Mie Lendir. Mie ini pun sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan mie ayam biasnaya, namun yang membuat mie ini beda dengan mie ayam terletak pada kuahnya yang menambahkan beberapa bumbu yang membuatnya lebih lezat dimakan.

Mie lendar sendiri menggunakan uah kental mirip lendir, dimana kuah lendir ini menggunakan bahan ubi, bumbu rempah dan kacang tanah. Mie satu ini disajikan dengan telur rebus, tauge, dan irisan cabai rawit kurang lebih seperti masakan e-mie (mi rebus) dari kota medan. Bila anda ingin kunjungi pekan baru, anda bisa coba masakan mie lendir yang bisa anda temukan di warung.

Baca Juga: Makanan Khas Malang Yang Viral & Lezat Beserta Resep

Itulah tadi beberapa makanan khas dari pekanbaru paling favorit dan wajib anda coba. Semoga dengan artikel di atas bisa menambah informasi mengenai dunia kuliner.

Artikel yang Direkomendasikan