Makanan Khas Lebaran Dari Beras Serta Peluang Usaha

makanan khas lebaran

Ramadhan sudah dimulai dan lebaran tahun 2022 semakin dekat, lalu peluang usaha apa saja yang bisa anda coba selama bulan ramadhan ini?

Makanan khas lebaran dari beras bisa anda coba jadi peluang usaha selama bulan ramadhan, karena makanan khas lebaran ini sudah sangat diminati tahun ke tahun.

Jangan sampai momen ramadhan ini anda lewatkan, jadikan peluang usaha untuk mendapatkan cuan di bulan ramadhan dan idul fitri.

1. Ketupat

Ketupat kurang lebih sama dengan lontong dengan bahan utama beras, namun yang membedakan ketupat dengan lontong ini adalah pada kemasannya yaitu dengan menggunakan janur. Kemudian cara menyantapnya juga bisa dengan opor ataupun kuah acar.

Selain bisa jual ketupat siap saji buat lebaran nanti, Anda juga bisa sambilan menjual selongsong ketupat. Karena saat momen lebaran kurang dariĀ  satu hari biasanya kebanyakan orang berburu untuk membeli selongsong ketupat untuk membuat sendiri ketupat lebarannya.

2. Lemang

Lemang merupakan satu makanan khas lebaran dari beras ketan paling populer dengan cara masak dicampur dngan santan di dalam ruas bambu yang masih basah. Namun sebelum kamu masukan ke dalam bambu, sebaiknya beras ketan digulung terlebih dahulu dalam daun pisang. Kemudina jika semua sudah dimasukan dalam bambu, baru dibakar di atas bara api.

Mengapa lemang begitu populer? Karena Lemang merupakan makanan khas lebaran dari Minangkabau, Sumatra Barat. Namun ternyata makanan ini tidak hanya di sukai oleh masyarakat Sumatra Barat, ternyata lemang sendiri sudah mendunia. Dengan kepopuler lemang ini, kini anda bisa jual makanan khas lebaran ini dengan mudah bahkan dari rumah saja.

Jadi anda cukup memanfaatkan media sosial, atau marketplace buat jualan secara online ataupun offline buat anda yang ingin jalankan peluang usaha di desa.

Baca Juga: Makanan Khas Malang Yang Viral & Lezat Beserta Resep

3. Pali Pali

pali-pali merupakan makanan lebaran dari beras yang dibungkus menggunakan anyaman daun lontar dan dikukus. Makanan khas ternate ini tidak dicampur dengan santap, dan cara menyantapnya bisa dengan campuran sayur berkuah ataupun dengan tumis.

4. Tape Beras Ketan

Sesuai dengan nama, tape ketan adalah jenis tape yang terbuat dari ketan putih atau hitam, dan menjadi salah satu makanan favorit khas ramadhan dan idul fitri.

5. Lemper

Lemper tentu tidak boleh di lewatkan saat ramadhan atau lebaran, karena makan yang terbuat dari bahan dasar utama beras ketan putih ini sangatlah populer.

6. Lepet

Lepet merupakan penganan dari beras ketan yang dicampur dengan kacang dan santan. Makanan ini dibungkus dengan janur seperti ketupat namun dibentuk memanjang.

Artikel yang Direkomendasikan